KALENDER HIJRIYYAH 1435 H

Klik Pada Gambar Untuk Tampilan Zoom

25 DOSA BESAR
Rp. 17.000
ADAB-ADAB ISLAMIYAH
Rp. 17.000
DO'A & DZIKIR PILIHAN
Rp. 17.000

Kaum Muslimin yang kami hormati,

Sebagai wujud cinta kita kepada Nabi Muhammad Shalallohu alaihi wa sallam dan sebagai bentuk syukur kita atas nikmat iman, islam dan nikmat hidup dalam bimbingan sunnah nabawiyyah, maka hendaknya kita berusaha menggunakan sistem penanggalan hijriyah dalam berbagai urusan ibadah dan mu'amalah kita.
Kenapa harus kalender hijriyah ? karena kalender hijriyah dibangun diatas sendi-sendi syariat islam yang mulia dan sempurna. Cukuplah larangan Rasulullah Shalallhu alaihi wa sallam dari tasyabbuh kepada orang kafir dan fatwa-fatwa para ulama sebagai penyadar kita, bahwa sudah saatnya kita berpaling dari kalender masehi dan hijrah menuju kalender hijriyah.

Kaum muslimin yang dimuliakan Allah Ta’ala.

Dalam Islam, pergantian hari ditandai dengan terbenamnya matahari, pergantian bulan ditandai dengan munculnya hilal, dan hitungan tahun dimulai dengan hijrahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah.

Dalam Islam ada saat-saat yang istimewa untuk berdo’a dan beribadah, ada hari-hari tertentu yang dimuliakan, ada tanggal dan bulan tertentu yang berhubungan dengan ibadah tertentu…

Inilah yang diamalkan oleh kaum muslimin dan para ulama dalam kitab-kitab mereka. Tapi mengapa hal yang indah dan berbarokah tersebut sekarang seakan-akan sirna? Lalu menggantinya dengan perhitungan waktu selain dari Islam? Jika sebabnya karena belum terbiasa menggunakan kalender hijriyah, maka mari kita membiasakannya.

Beberapa alasan berikut ini semoga bisa memotivasi dan menyadarkan kita untuk segera menggunakan kalender hijriyah:
1. Kalender hijriyah adalah satu-satunya kalender yang direkomendasikan Allah Ta’ala (QS. al-Baqarah: 189 dan at-Taubah: 36)
2. Kalender hijriyah kita gunakan sebagai pedoman untuk semua ibadah yang berkaitan dengan waktu.
3. Menggunakan kalender hijriyah berarti menghidupkan syi’ar Islam dan sunnah Nabi Shallallahu alaihi wasallam.
4. Menghindari tasyabbuh (serupa) dengan orang-orang kafir yang diharamkan dalam Islam.

Semoga niat kita untuk hijrah menuju kalender hijriyyah bernilai ibadah.

Dan marilah kita mengamalkan dan memperjuangkan syariat Islam. Semoga Allah Ta’ala senantiasa membimbing dan menolong kita.

Sejarah & Fakta Kalender Hijriah

Kalender Hijriah telah ada sejak 1400 Tahun yang lalu, tepatnya dimulai sejak. Kalender harian dimulai dengan terbenamnya matahari, kalender bulanan dimulai dengan hilal, sedangkan kalender bulanan dimulai dengan hijrahnya Rasulullah. Inilah yang diamalkan oleh kaum muslimin dan para ulama dalam kitab-kitab mereka (Dhiya’ Lami’ hlm:308).

Didalamnya ada saat-saat yang istmewa untuk berdo’a dan beribadah, ada hari-hari tertentu yang dimuliakan, ada tanggal dan bulan tertentu yang berhubungan dengan ibadah tertentu….
Tapi mengapa hal yang indah dan penuh barokah tersebut sekarang seakan-akan telah sirna?
Lalu menggantinya dengan perhitungan waktu selain dari Islam ?

Jika sebabnya karena belum terbiasa menggunakan kalender hijriyah maka mari kita membiasakannya. Semoga niat kita untuk hijrah menuju kalender hijriyyah bernilai ibadah. Dan marilah kita mengamalkan dan memperjuangkan syariat Islam.

Dalam Kalender Hijriyah yang digunakan sebagai panduan utama dalam penanggalan sehari-hari ini juga mencantumkan penanggalan Masehi sebagai pelengkapnya.
Ibadah-ibadah yang berhubungan dengan waktu tertentu dicantumkan sesuai dengan tanggal dan waktunya. Hari-hari libur nasional yang telah ditetapkan pemerintah dicantumkan pada catatan kaki bulan yang sesuai.

Kalender Hijriyah memuat materi-materi ilmiah tentang ibadah, adab & ahlak, pengobatan ala nabi dan lain-lain secara singkat dan padat dalam desain yang menarik. Sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai panduan praktis dalam menjalani kehidupan beragama untuk meraih keridhoan-Nya.

Mengingat adanya perbedaan pendapat dalam beberapa masalah fiqih shalat maka kami hanya menyebutkan pendapat yang kami pandang lebih rajih (kuat) sesuai ilmu yang sampai kepada kami dengan tetap menghormati tarjih (penguatan) saudara saudara kami terhadap pendapat-pendapat lainnya. Untuk materi yang lebih rinci tentang bahasan sholat silakan membaca buku penulis “Sudah Benarkah Sholat Kita” karya: Ustadz Arif Fathul Ulum, Lc.

Semoga Allah senantiasa membimbing dan menolong kita.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Statistik :

Alamat :

Jl. Gadukan Timur 92 Surabaya
Hp : 0813 3050 6668
Sms Only : 0857 3373 7202
Pin BB : 7F98386D dan 551195B7
WhatsApp :
0813 3050 6668
Email : admin@grosirherbalsurabaya.com